Tentang Siyanki

Selamat Datang di Siyanki

Sistem Pelayanan Hak Kekayaan Intelektual (SIYANKI) dibangun untuk mempermudah proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi sivitas akemika UI. Dengan SIYANKI sivitas akademika UI dapat melakukan kegiatan penyiapan pendaftaran HKI atas hasil penelitian berpotensi HKI miliknya secara cepat dan mudah. SIYANKI dikelola oleh kantor pelayanan HKI Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis UI (DIIB UI) bekerjasama dengan DSTI UI.

Sebagai Direktorat yang diberikan wewenang oleh Rektor UI untuk memberikan pelayanan HKI bagi warga UI, melalui SIYANKI, DIIB UI akan membantu sivitas akademika UI untuk melakukan proses pendaftaran HKI kepada pemerintah, yaitu Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM RI dan kerjasama dengan industri yang berminat untuk melakukan pengembangan dan penggunaan HKI sivitas akademika UI. Selain sebagai wadah untuk melayani kegiatan pendaftaran HKI, SIYANKI juga merupakan sistem informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan berita atau informasi yang terkait mengenai HKI.

Deskripsi pekerjaan dari Sub Direktorat HKI dan Promosi adalah sebagai berikut:

  • Melakukan identifikasi potensi HKI yang ada di UI
  • Mendaftarkan HKI atas produk-produk sivitas UI
  • Melakukan monitoring evaluasi pencapaian HKI oleh sivitas UI
  • Mengembangkan budaya sadar HKI di lingkungan UI
  • Melakukan penjajakan pencarian mitra kerjasama pengembangan HKI UI, persiapan negosiasi lisensi HKI, dan persiapan kontrak lisensi HKIPameran (Promosi) Produk-Produk HKI
  • Melakukan pameran produk-produk HKI